Tuesday, April 24, 2007

Bismillahirrahmaanirrahim

Ba’da tahmid dan sholawat…

Semoga kita tetap dalam lindungan 4JJI SWT dan setia terhadap keimanan kita insyaAllah...

Ikhwah fillah ada beberapa hal yang ingin saya sampaikan terkait dengan beberapa hal yang telah dilakukan KaLAM yang tanpa terasa talah berjalan selama 1,5 tahun, dan itu berarti waktu yang tersisa tinggal sekitar 6 bulan lagi untuk masa kepengurusan yang disepakati selama 2 tahun.

Beberapa hal yang pernah kita agendakan diantaranya adalah:

  1. Pembentukan struktur organisasi
  2. Jarkom dan database alumi UKMI (d/h DKM) Al Hidayah
  3. Pembuatan website
  4. Membuka rekening KaLAM
  5. Silaturrahim

Beberapa kali KaLAM sempat melakukan rapat koordinasi (2 kali) di Masjid Al Hidayah, memang pertemuan-pertemuan berikutnya begitu sulit dilakukan karena faktor geografis. Namun demikian beberapa agenda telah rampung dilaksanakan, dan syukron jazakumullah atas semua usaha yang telah KaLAM berikan. Semoga pahala atas kebaikan tersebut dapat menjadi timbangan kebaikan yang pahalanya bisa kita temui di akherat kelak amin.

Struktur organisasi yang dihasilkan pada rapat pertama saat itu hanya memilih ketua; sekretaris dan bendahara. Dengan susunan: Ketua (Arif Rosmana); Sekretaris (Iyus Kusnandar, S.SI); Bendahara (Dian Mardiani, S.Ked). Dalam perjalanannya struktur berkembang sesuai dengan kebutuhan (maaf sebelumnya saya hanya mengabari lewat SMS karena begitu sulitnya mengumpulkan KaLAM semua): Struktur ketua; sekretaris dan bendahara masih tetap sama. Hingga kemudian ditambah dengan departemen Informasi dan Komunikasi yang di dalamnya diisi oleh: Rudi Sudardjat, S.Si., Ali Mujianto, S.Ip dan Kiki Rizki Noor Kifli, S.Si. Lewat akh Rudi inilah 4JJI SWT mempermudah agenda lainnya (semoga 4JJI melimpahkan kebaikan kepada antum akh), maka terbentuklah website yang tidak hanya dikhususkan bagi KaLAM tapi memuat semua UKMI Al Hidayah dan kita bisa mengaksesnya di www.alhidayah-unjani.blogspot.com. Maka disinilah kita bisa bertemu dengan akh Prawiro; akh TB, akh Yeyeng; Ukhti Rita dan beberapa ikhwah lain yang tidak sempat bertemu pada acara silaturrahim. Dan memang seharusnya web ini dapat dimanfaatkan dengan baik terlebih untuk mengumpulkan data alumni. Dimohonkan kepada para KaLAM mengirim biodatanya lengkap yang bisa di tujukan di alamat web site, bisa ke akh Rudi atau Arif langsung dan alamatnya ada di testimonial Alumni. Karena ikhwah fillah, pengumpulan database ini yang sepertinya masih tercecer, dulu kita mengagendakan bahwa setiap KaLAM minimal harus bisa “menemukan” tiga anggota KaLAM dan mengirimkan biodatanya sehingga data tersebut bisa benar-benar bertambah. Anggota Dep. Komunikasi dan Informasi yang lain (ukh Kiki dan akh Ali) pernah mengumpulkan data alumni yang baru lulus dari UNJANI, dan begitulah seharusnya KaLAM.

Agenda lainnya Alhamdulillah KaLAM sudah membuka rekening di BANK Syariah Mandiri. Informasi selanjutnya saya ceritakan terpisah.

Untuk agenda silaturrahim masih belum dapat teralisasi, terutama untuk melakukan pertemuan minimal satu kali setahun selain pertemuan akbar di GEMA SILA. Hal ini memang harus di fahami secara bijak karena memang setelah pasca kampus agenda kita tidak malah menjadi berkurang namun semakin meningkat terkait dengan dakwah yang terus dikembangkan di daerah masing-masing.

MASIHKAH ADA WAKTU? Waktu mesti terus ada insyaAllah, satu hal yang sempat dicita-citakan KaLAM adalah pertemuan khusus KaLAM sehari sebelum acara GEMA SILA. Sebetulnya hal ini telah dicoba pada GEMA SILA 1427 H dengan menginformasikan kesemua KaLAM dan sempat dibuatkan undangan, namun ternyata hari Sabtu masih digunakan sebagian KaLAM untuk bekerja.

ADA USULAN? Tetap harus diberi masukan, untuk kemajuan KaLAM ke depan, terutama acara GEMA SILA 1428 H. KaLAM ingin melakukan apa?

Agenda KaLAM tahun-tahun ini masih terfokus di pembenahan internal, jadi minta maaf kepada pengurus UKMI kalau keberadaan KaLAM belum terasa. Semoga kedepan KaLAM bisa lebih nyata berkontribusi terutama untuk UKMI.

Fastabaqul khirot

Wassalamu’alaikum

Arif Rosmana

(ketua KaLAM Hidayah UNJANI)

Labels: